Jumat, 12 Oktober 2012

Materi buat ntar UNAS bry....


KAJIAN PERMENDIKNAS NOMOR 75 TAHUN 2009 TENTANG KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN 2009/2010
MATA PELAJARAN      : MATEMATIKA
SEKOLAH                    : SMP
N0.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KEMAMPUAN YANG DIUJI
URAIAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR (ALTERNATIF)
1
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
Ø      Operasi hitung campuran bilangan bulat

Ø      Soal cerita yang berkaitan dengan operasi bilangan bulat
Ø      Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat
Ø      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
Ø      Konsep pecahan
Ø      Urutan pecahan
Ø      Operasi hitung campuran bilangan pecahan
Ø      Soal cerita yang berkaitan dengan operasi pecahan
Ø      Menentukan nilai pecahan dari gambar
Ø      Mengurutkan beberapa bentuk pecahan
Ø      Menentukan hasil operasi campuran pecahan
Ø      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan Perbandingan
Ø      Skala gambar


Ø      Perbandingan senilai

Ø      Perbandingan berbalik nilai
Ø      Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala, atau jarak pada gambar
Ø      Menentukan luas sebenarnya
Ø      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan senilai atau berbalik nilai

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual beli
Ø      Jual beli
Ø      Menentukan salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi
Ø      Perbankan dan koperasi

Ø      Menentukan salah satu dari persentase bunga, waktu, atau besar uang setelah n bulan
Ø      Menentukan besar angsuran setiap bulan pada koperasi


Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan
Ø      Gambar berpola
Ø      Suku ke-n barisan bilangan
Ø      Menyelesaikan soal tentang gambar berpola
Ø      Menentukan rumus suku ke-n barisan bilangan
Ø      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan barisan bilangan

2
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi,
sistem persamaan linear, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Mengalikan bentuk aljabar
Ø      Perkalian bentuk aljabar
Ø      Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar suku dua

Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar
Ø      Operasi hitung bentuk aljabar
Ø      Menentukan hasil operasi hitung bentuk aljabar

Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
Ø      Penyederhanaan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
Ø      Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
Ø      Persamaan linear satu variabel
Ø      Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel

Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
Ø      Irisan dan gabungan dua himpunan

Ø      Soal cerita berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
Ø      Menentukan irisan dua himpunan
Ø      Menentukan gabungan dua himpunan
Ø      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Ø      Relasi
Ø      Menyatakan Relasi
Ø      Fungsi


Ø      Domain, kodomain dan range

Ø      Rumus dan Nilai Fungsi


Ø      Menentukan relasi yang menghubungkan dua himpunan
Ø      Menentukan diagram panah/himpunan pasangan berurutan/diagram cartesius yang merupakan pemetaan/fungsi
Ø      Menentukan domain/kodomain/range dari sebuah fungsi
Ø      Menentukan rumus fungsi
Ø      Menentukan nilai fungsi
Ø      Menentukan nilai c jika rumus fungsi dan nilai f(c) diketahui

Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
Ø      Gradien
Ø      Persamaan garis



Ø      Grafik fungsi
Ø      Menentukan gradien garis
Ø      Menentukan persamaan garis
Ø      Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar atau tegak lurus garis lain
Ø      Menentukan grafik dari persamaan garis atau sebaliknya

Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
Ø      SPLDV
Ø      Soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV
Ø      Menentukan penyelesaian dari SPLDV
Ø      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV

3
Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras
Ø      Teorema dan Tripel Pythagoras

Ø      Panjang sisi segitiga siku-siku

Ø      Soal cerita yang berkaitan dengan teorema Pythagoras
Ø      Menentukan bilangan-bilangan yang merupakan Tripel Pythagoras
Ø      Menghitung panjang sisi pada segitiga siku-siku
Ø      Menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan teorema Pythagoras

Menghitung luas bangun datar
Ø      Luas lingkaran
Ø      Luas segitiga
Ø      Luas segiempat
Ø      Luas gabungan beberapa bangun datar

Ø      Soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun datar
Ø      Menghitung luas lingkaran
Ø      Menghitung luas segitiga
Ø      Menghitung luas segiempat
Ø      Menghitung luas gabungan beberapa bangun datar
Ø      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun datar

Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
Ø      Keliling lingkaran
Ø      Keliling segitiga
Ø      Keliling segiempat


Ø      Soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar
Ø      Menghitung keliling lingkaran
Ø      Menghitung keliling segitiga
Ø      Menghitung keliling segiempat
Ø      Menghitung keliling gabungan beberapa bangun datar
Ø      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar

Menghitung besar sudut pada bidang datar
Ø      Dua sudut berpenyiku dan dua sudut berpelurus
Ø      Sudut pada segitiga dan segiempat
Ø      Menentukan besar salah satu sudut yang saling berpenyiku/berpelurus
Ø      Menghitung besar salah satu sudut pada segitiga/segiempat

Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis
berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.
Ø      Dua sudut sehadap
Ø      Dua sudut bertolak belakang
Ø      Dua sudut dalam/luar berseberangan

Ø      Dua sudut dalam/luar sepihak

Ø      Menghitung besar sudut yang saling sehadap/bertolak belakang
Ø      Menghitung besar sudut dalam/luar berseberangan
Ø      Menghitung besar sudut dalam/luar sepihak
Ø      Menghitung besar sudut yang saling berhubungan (sehadap, bertolak belakang, berseberangan, atau sepihak)

Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran
Ø      Sudut pusat dan sudut sudut keliling

Ø      Menghitung besar sudut pusat atau sudut keliling pada lingkaran

Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
Ø      Dua segitiga yang sebangun



Ø      Soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan
Ø      Menentukan perbandingan sisi pada dua segitiga sebangun
Ø      Menghitung panjang sisi pada dua segitiga sebangun
Ø      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan

Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi
Ø      Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen


Ø      Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
Ø      Diberikan gambar yang memuat beberapa pasang segitiga kongruen, siswa dapat menentukan banyak pasangan segitiga kongruen
Ø      Diberikan gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat menentukan pasangan sisi atau sudut yang sama, jika unsur yang diperlukan diketahui.
Ø      Diberikan gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat menentukan syarat sehingga kedua segitiga itu kongruen

Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar
Ø      Unsur-unsur bangun ruang sisi datar
Ø      Siswa dapat menentukan menentukan banyak  sisi, bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus atau balok
Ø      Siswa dapat menentukan menentukan banyak rusuk atau sisi pada prisma atau limas

Menentukan jaring-jaring bangun ruang
Ø      Jaring-jaring kubus dan balok
Ø      Diberikan gambar  rangkaian persegi, siswa dapat menentukan persegi yang merupakan alas bila tutupnya diketahui
Ø      Diberikan gambar  rangkaian persegipanjang, siswa dapat menentukan rangkaian yang merupakan jaring-jaring balok

Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
Ø      Volume bangun ruang sisi datar




Ø      Volume bangun ruang sisi sisi lengkung
Ø      Siswa dapat menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas
Ø      Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi datar
Ø      Siswa dapat menghitung volume tabung, kerucut, atau bola
Ø      Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung

Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
Ø      Luas permukaan bangun ruang sisi datar




Ø      Luas permukaan bangun ruang sisi lengkung

Ø      Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma, atau limas
Ø      Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar
Ø      Siswa dapat menghitung luas permukaan tabung, kerucut, atau bola
Ø      Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi lengkung

4
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
Ø      Mean , median dan modus data tunggal

Ø      Mean , median dan modus data pada tabel frekuensi

Ø      Soal cerita yang berkaitan dengan  nilai rata-rata
Ø      Siswa dapat menghitung mean , median, atau modus data tunggal
Ø      Siswa dapat  menghitung mean , median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi
Ø      Siswa dapat menyelesaikan  soal cerita yang berkaitan dengan  nilai rata-rata

Menyajikan dan menafsirkan data
Ø      Diagram batang, lingkaran dan garis
Ø      Siswa dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar