KAJIAN PERMENDIKNAS NOMOR 75
TAHUN 2009 TENTANG KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN
2009/2010
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
SEKOLAH :
SMP
N0.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
URAIAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR (ALTERNATIF)
|
1
|
Menggunakan konsep
operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmetika sosial,
barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung hasil
operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
|
Ø
Operasi hitung campuran bilangan bulat
Ø
Soal cerita yang berkaitan dengan operasi bilangan bulat
|
Ø
Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat
Ø
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi
hitung bilangan bulat
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bilangan pecahan
|
Ø
Konsep pecahan
Ø
Urutan pecahan
Ø
Operasi hitung campuran bilangan pecahan
Ø
Soal cerita yang berkaitan dengan operasi pecahan
|
Ø
Menentukan nilai pecahan dari gambar
Ø
Mengurutkan beberapa bentuk pecahan
Ø
Menentukan hasil operasi campuran pecahan
Ø
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi
hitung pecahan
|
||
Menyelesaikan masalah
berkaitan dengan skala dan Perbandingan
|
Ø
Skala gambar
Ø
Perbandingan senilai
Ø
Perbandingan berbalik nilai
|
Ø
Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala, atau
jarak pada gambar
Ø
Menentukan luas sebenarnya
Ø
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
perbandingan senilai atau berbalik nilai
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan jual beli
|
Ø
Jual beli
|
Ø
Menentukan salah satu dari harga pembelian, harga
penjualan, atau persentase untung/rugi
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi
|
Ø
Perbankan dan koperasi
|
Ø
Menentukan salah satu dari persentase bunga, waktu, atau
besar uang setelah n bulan
Ø
Menentukan besar angsuran setiap bulan pada koperasi
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan barisan bilangan
|
Ø
Gambar berpola
Ø
Suku ke-n barisan bilangan
|
Ø
Menyelesaikan soal tentang gambar berpola
Ø
Menentukan rumus suku ke-n barisan bilangan
Ø
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan barisan
bilangan
|
||
2
|
Memahami operasi bentuk
aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis,
himpunan, relasi, fungsi,
sistem persamaan
linear, serta
menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
|
Mengalikan bentuk
aljabar
|
Ø
Perkalian bentuk aljabar
|
Ø
Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar suku dua
|
Menghitung operasi
tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar
|
Ø
Operasi hitung bentuk aljabar
|
Ø
Menentukan hasil operasi hitung bentuk aljabar
|
||
Menyederhanakan bentuk
aljabar dengan memfaktorkan
|
Ø
Penyederhanaan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
|
Ø
Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar
|
||
Menentukan penyelesaian
persamaan linear satu variabel
|
Ø
Persamaan linear satu variabel
|
Ø
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
|
||
Menentukan irisan atau
gabungan dua himpunan dan
menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
|
Ø
Irisan dan gabungan dua himpunan
Ø
Soal cerita berkaitan dengan irisan atau gabungan dua
himpunan
|
Ø
Menentukan irisan dua himpunan
Ø
Menentukan gabungan dua himpunan
Ø
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau
gabungan dua himpunan
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
|
Ø
Relasi
Ø
Menyatakan Relasi
Ø
Fungsi
Ø
Domain, kodomain dan range
Ø
Rumus dan Nilai Fungsi
|
Ø
Menentukan relasi yang menghubungkan dua himpunan
Ø
Menentukan diagram panah/himpunan pasangan
berurutan/diagram cartesius yang merupakan pemetaan/fungsi
Ø
Menentukan domain/kodomain/range dari sebuah fungsi
Ø
Menentukan rumus fungsi
Ø
Menentukan nilai fungsi
Ø
Menentukan nilai c jika rumus fungsi dan nilai f(c)
diketahui
|
||
Menentukan gradien,
persamaan garis dan grafiknya
|
Ø
Gradien
Ø
Persamaan garis
Ø
Grafik fungsi
|
Ø
Menentukan gradien garis
Ø
Menentukan persamaan garis
Ø
Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan
sejajar atau tegak lurus garis lain
Ø
Menentukan grafik dari persamaan garis atau sebaliknya
|
||
Menentukan penyelesaian
sistem persamaan linear dua variabel
|
Ø
SPLDV
Ø
Soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV
|
Ø
Menentukan penyelesaian dari SPLDV
Ø
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV
|
||
3
|
Memahami bangun datar,
bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan soal
dengan menggunakan teorema Pythagoras
|
Ø
Teorema dan Tripel Pythagoras
Ø
Panjang sisi segitiga siku-siku
Ø
Soal cerita yang berkaitan dengan teorema Pythagoras
|
Ø
Menentukan bilangan-bilangan yang merupakan Tripel
Pythagoras
Ø
Menghitung panjang sisi pada segitiga siku-siku
Ø
Menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan teorema
Pythagoras
|
Menghitung luas bangun
datar
|
Ø
Luas lingkaran
Ø
Luas segitiga
Ø
Luas segiempat
Ø
Luas gabungan beberapa bangun datar
Ø
Soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun datar
|
Ø
Menghitung luas lingkaran
Ø
Menghitung luas segitiga
Ø
Menghitung luas segiempat
Ø
Menghitung luas gabungan beberapa bangun datar
Ø
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun
datar
|
||
Menghitung keliling
bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
|
Ø
Keliling lingkaran
Ø
Keliling segitiga
Ø
Keliling segiempat
Ø
Soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar
|
Ø
Menghitung keliling lingkaran
Ø
Menghitung keliling segitiga
Ø
Menghitung keliling segiempat
Ø
Menghitung keliling gabungan beberapa bangun datar
Ø
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling
bangun datar
|
||
Menghitung besar sudut
pada bidang datar
|
Ø
Dua sudut berpenyiku dan dua sudut berpelurus
Ø
Sudut pada segitiga dan segiempat
|
Ø
Menentukan besar salah satu sudut yang saling berpenyiku/berpelurus
Ø
Menghitung besar salah satu sudut pada segitiga/segiempat
|
||
Menghitung besar sudut
yang terbentuk jika dua garis
berpotongan atau dua
garis sejajar berpotongan dengan garis lain.
|
Ø
Dua sudut sehadap
Ø
Dua sudut bertolak belakang
Ø
Dua sudut dalam/luar berseberangan
Ø
Dua sudut dalam/luar sepihak
|
Ø
Menghitung besar sudut yang saling sehadap/bertolak
belakang
Ø
Menghitung besar sudut dalam/luar berseberangan
Ø
Menghitung besar sudut dalam/luar sepihak
Ø
Menghitung besar sudut yang saling berhubungan (sehadap, bertolak
belakang, berseberangan, atau sepihak)
|
||
Menghitung besar sudut
pusat dan sudut keliling pada lingkaran
|
Ø
Sudut pusat dan sudut sudut keliling
|
Ø Menghitung besar sudut
pusat atau sudut keliling pada lingkaran
|
||
Menyelesaikan masalah
dengan menggunakan konsep kesebangunan
|
Ø
Dua segitiga yang sebangun
Ø
Soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan
|
Ø
Menentukan perbandingan sisi pada dua segitiga sebangun
Ø
Menghitung panjang sisi pada dua segitiga sebangun
Ø
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
kesebangunan
|
||
Menyelesaikan masalah
dengan menggunakan konsep kongruensi
|
Ø Mengidentifikasi bangun-bangun
datar yang sebangun dan kongruen
Ø Mengidentifikasi sifat-sifat dua
segitiga sebangun dan kongruen
|
Ø
Diberikan
gambar yang memuat beberapa pasang segitiga kongruen, siswa dapat menentukan
banyak pasangan segitiga kongruen
Ø
Diberikan
gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat menentukan pasangan sisi atau sudut
yang sama, jika unsur yang diperlukan diketahui.
Ø
Diberikan
gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat menentukan syarat sehingga kedua
segitiga itu kongruen
|
||
Menentukan unsur-unsur
bangun ruang sisi datar
|
Ø
Unsur-unsur
bangun ruang sisi datar
|
Ø
Siswa
dapat menentukan menentukan banyak
sisi, bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus atau balok
Ø
Siswa
dapat menentukan menentukan banyak rusuk atau sisi pada prisma atau limas
|
||
Menentukan jaring-jaring
bangun ruang
|
Ø
Jaring-jaring
kubus dan balok
|
Ø
Diberikan
gambar rangkaian persegi, siswa dapat
menentukan persegi yang merupakan alas bila tutupnya diketahui
Ø
Diberikan
gambar rangkaian persegipanjang, siswa
dapat menentukan rangkaian yang merupakan jaring-jaring balok
|
||
Menghitung volume
bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
|
Ø
Volume
bangun ruang sisi datar
Ø
Volume
bangun ruang sisi sisi lengkung
|
Ø
Siswa
dapat menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas
Ø
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang
sisi datar
Ø
Siswa
dapat menghitung volume tabung, kerucut, atau bola
Ø
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang
sisi lengkung
|
||
Menghitung luas
permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
|
Ø
Luas
permukaan bangun ruang sisi datar
Ø
Luas
permukaan bangun ruang sisi lengkung
|
Ø
Siswa
dapat menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma, atau limas
Ø
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun
ruang sisi datar
Ø
Siswa
dapat menghitung luas permukaan tabung, kerucut, atau bola
Ø
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun
ruang sisi lengkung
|
||
4
|
Memahami konsep dalam
statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan ukuran
pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
|
Ø
Mean
, median dan modus data tunggal
Ø
Mean
, median dan modus data pada tabel frekuensi
Ø
Soal cerita yang berkaitan dengan
nilai rata-rata
|
Ø
Siswa
dapat menghitung mean , median, atau modus data tunggal
Ø
Siswa
dapat menghitung mean , median, atau
modus data tunggal pada tabel frekuensi
Ø
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan nilai rata-rata
|
Menyajikan dan
menafsirkan data
|
Ø
Diagram
batang, lingkaran dan garis
|
Ø
Siswa
dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram
lingkaran, atau diagram garis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar